Global Journal Basic Education
Vol 3 No 1 (2024): Februari

MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 26 TINO TOA

Hidayah, Nurul (Unknown)
Raihan, Siti (Unknown)
Ferawati, Ferawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal berhitung melalui penggunaan media sempoa pada siswa kelas V SD Negeri 26 Tino Toa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 26 Tino Toa yang berjumlah 30 Orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan termasuk tes akhir setiap siklus. Data-data mengenai hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian setelah pelaksanaan tindakan selama 2 (dua) siklus yaitu; (a) Meningkatnya hasil belajar matematika materi operasi hitung pecahan kelas 5 SD Negeri 26 Tino Toa setelah diterapkannya penggunaan model pembelajaran kontekstual pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 63,33% berada pada kategori rendah. Pada siklus II diperoleh persentase katuntasan hasil belajar siswa sebesar 83,33% pada siklus II berada pada kategori tinggi. (b) Meningkatnya keaktifan dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...