Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal berhitung melalui penggunaan media sempoa pada siswa kelas V SD Negeri 26 Tino Toa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 26 Tino Toa yang berjumlah 30 Orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan termasuk tes akhir setiap siklus. Data-data mengenai hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian setelah pelaksanaan tindakan selama 2 (dua) siklus yaitu; (a) Meningkatnya hasil belajar matematika materi operasi hitung pecahan kelas 5 SD Negeri 26 Tino Toa setelah diterapkannya penggunaan model pembelajaran kontekstual pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 63,33% berada pada kategori rendah. Pada siklus II diperoleh persentase katuntasan hasil belajar siswa sebesar 83,33% pada siklus II berada pada kategori tinggi. (b) Meningkatnya keaktifan dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian.
Copyrights © 2024