Global Journal Basic Education
Vol 3 No 2 (2024): Mei

PENERAPAN PENDAKATAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK MELALUI PERCOBAAN SEDERHANA KELAS V UPT SPF SDN 90 GANJENGE

Usman, Hikmawati (Unknown)
Mardiana, Mardiana (Unknown)
DM, Muh Ardialim (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik kelas V di UPT SPF SDN 90 Ganjenge menjadi latarbelakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang minat belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPAS pada materi cahaya dan sifatnya melalui percobaan sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V UPT SPF SDN 90 Ganjenge yang berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 16 laki – laki dan 10 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas siswa berada pada kategori cukup dan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas siswa berada pada kategori baik, minat belajar peserta didik terlihat dan hasil belajar peserta didik juga berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik melalui percobaan sederhana pada materi cahaya dan sifatnya kelas v di UPT SPF SDN 90 Ganjenge

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...