Global Journal Basic Education
Vol 3 No 3 (2024): Agustus

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA 5 EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SD INPRES 6/86 LABURASSENG KECAMATAN LIBURENG KABUPATEN BONE

Hatta, Rahmah (Unknown)
Usman, Hikmawati (Unknown)
Muliyani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 6/86 Laburasseng pada tema ekosistem. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Di dalam pendekatan setiap siklus menggunakan model Arikunto yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 6/86 Laburasseng, tepatnya di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 11 siswa. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 4 orang sedangkan jumlah siswa perempuan sebanyak 7 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Tes, (2) Observasi, (3) Wawancara singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA tema ekosistem mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya model pembelajaran Discovery Learning di setiap siklus yang dilakukan oleh peneliti. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata disetiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovey Learning pada tema ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 6/86 Laburasseng Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada tema ekosistem pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II hasil belajar siswa pada tema ekosistem mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori sangat baik. terjadinya peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...