Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, 3) tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh fasilitas belajar (infrastruktur TIK) terhadap prestasi belajar. prestasi belajar, 5) pengaruh game online di sekolah terhadap prestasi belajar, (6) pengaruh kecerdasan emosional, disiplin belajar, tingkat pendidikan orang tua, fasilitas belajar (infrastruktur TIK), dan game online secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI siswa SMAN 6 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 6 Solok Selatan yang berjumlah 94 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah angket tertutup dengan menggunakan uji Regresi Linier Berganda Bertingkat dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,123, nilai thitung sebesar 2,278 > ttabel sebesar 1,987; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,270, nilai thitung sebesar 3,322 > ttabel sebesar 1,987; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,219, nilai thitung sebesar 3,296 > ttabel sebesar 1,987; (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar (infrastruktur TIK) terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien 0. 181 dan nilai thitung 3,362 > ttabel 1,987; (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara game online terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien 0,200 dan nilai t hitung 2,830 > t tabel 1,987; (6) terdapat pengaruh kecerdasan emosional, disiplin belajar, tingkat pendidikan orang tua, sarana pembelajaran (prasarana TIK), dan permainan online secara bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan Fhitung 14,799 > Ftabel 2,47.
Copyrights © 2023