Jurnal Horizon Pendidikan
Vol 3, No 3 (2023)

Pengaruh Adversity Quotien (AQ), Tingkat Konsentrasi, Kebiasaan Belajar, Pemberian Tugas dan Media Pembelajaran, Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Swasta Az-Zahra Sonomartani Kab. Labuhanbatu Utara Prov. Sumatera Utara

Suriyani, Suriyani (Unknown)
Areva, Desi (Unknown)
Dahen, Lovelly Dwinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Adversity Quotient (AQ), tingkat konsentrasi, kebiasaan belajar, pemberian tugas, media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Swasta Az-zahra Sonomartani Kab. Labuhanbatu Utara Prov. Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII AKL SMK Swasta Az-zahra Sonomartani. Yang berjumlah 58 orang dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari populasi teknik pengambilan sampel menggunaka total sampling yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk penelitian ini berupa angket tertutup dengan digunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesa dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Advercity quotient (AQ) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara advercity quotient (AQ) terhadap prestasi belajar. 2) Tingkat konsentrasi (X2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara tingkat konsentrasi terhadap prestasi belajar. 3) Kebiasaan belajar (X3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. 4) pemberian tugas (X4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara pemberian tugas terhadap prestasi belajar. 5) media pembelajaran (X5) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar. 6) Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Advercity Quotient (AQ), tingkat konsentrasi, kebiasaan belajar, pemberian tugas dan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

horizon

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Horizon Pendidikan (2775-5770) is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Lybrary of Universitas PGRI Sumatera Barat. Jurnal Horizon Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about ...