JSiI (Jurnal Sistem Informasi)
Vol 11 No 1 (2024)

TREN IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Muhammad Shofiudin (Unknown)
Tiara Melati Putri Wiryawanto (Unknown)
Zuyyina Hawani (Unknown)
Faris Muslihul Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2024

Abstract

CRM (Customer Relationship Management) merupakan alat yang sangat penting bagi organiasasi untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Disisi lain perkembangan teknologi AI (Artificial Intelligence) telah berkembang sangat pesat. Integrasi keduanya dianggap sebagai solusi dalam menghadapi tantangan menghadapi perkembangan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tren penerapan AI pada CRM di berbagai sektor bisnis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah literature review untuk menganalisis tren implementasi AI pada CRM. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tren implementasi AI pada CRM sebagian besar dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan dalam pelayanan customer service atau call center. AI juga diterapkan untuk menentukan strategi pemasaran yang lebih baik dengan menginterpretasi data yang telah diperoleh. Kata kunci: CRM (Customer Relationship Management), AI (Artificial Intelligence), Tren Implementasi, Bisnis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsii

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JSiI (Jurnal Sistem Informasi) is a scientific journal published by the Department of Information System Universitas Serang Raya (UNSERA). This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on information systems. JSiI (Jurnal Sistem Informasi) is ...