Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian terhadap masalah prokrastinasi akademik yang kerap menjadi penghambat pencapaian prestasi akademik maksimal di kalangan mahasiswa semester 6 Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling di Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh self-esteem dan self-control terhadap pengendalian prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa semester 6 sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda, dan hasil menunjukkan bahwa self-esteem dan self-control memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengendalian prokrastinasi akademik pada mahasiswa semester 6. Implikasi praktis dari temuan ini adalah perlunya upaya meningkatkan self-esteem dan self-control mahasiswa sebagai langkah untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor-faktor psikologis seperti self-esteem dan self-control dapat menjadi fokus dalam memahami dan mengatasi prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa, yang pada akhirnya dapat berdampak positif pada prestasi belajar mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021