ALFIRA NADIANA. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Assemblr Edu” terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa MTs Bhayangkara Makassar” di bawah bimbingan Ibu Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I dan Bapak Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum. Latar Belakang. Mayoritas siswa Mts Bhayangkara Tallo Lama Makassar masih belum mampu menguasai kosakata bahasa Arab. Hal ini merupakan salah satu masalah terbesar dalam pembelajaran bahasa Arab di Mts Bhayangkara. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penerapan dan menganalisis pengaruh penggunaan media Assemblr Edu terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII B MTs Bhayangkara Tallo Lama Makassar. Metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pre test dan post test). Data telah dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi SPSS. Hasil. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII B mengalami peningkatan kosakata setelah menggunakan aplikasi Assemblr Edu dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Kosakata tersebut berupa غرف في البيت، مضمون الغرف في البيت، الأعمال اليومية، أفراد الأسرة، فعل المضارع. Hal ini dibuktikan pada hasil uji paired sampel t-test pada nilai pre test dan post test siswa kelas VII B di MTs Bhayangkara yakni nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan aplikasi Assemblr Edu terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di MTs Bhayangkara Makassar. Kata Kunci : pengaruh, Assemblr Edu, kosakata bahasa Arab
Copyrights © 2024