JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 19, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus

Tantangan dan Kebutuhan Guru SDLB dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lampung

Wardany, Ossy Firstanti (Unknown)
Sani, Yulvia (Unknown)
Herlina, Heni (Unknown)
Setyaningsih, Septi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Transisi dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka bagi PDBK (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus) diasumsikan menimbulkan tantangan baru bagi guru dalam mengimplementasikannya. Penelitian bertujuan menggali tantangan dan merumuskan kebutuhan guru Sekolah Dasar Luar Biasa (SLB) dalam implementasi Kurikulum Merdeka bagi PDBK di jenjang SD. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden penelitian adalah 44 guru SLB tingkat Sekolah Dasar di Provinsi Lampung yang menerapkan Kurikulum Merdeka yang dipilih secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memiliki pemahaman yang baik, pandangan positif dan kesiapan yang cukup mengenai Kurikulum Merdeka yang didukung dari pengalaman belajar melalui berbagai kegiatan dari pemerintah, sekolah, dan pihak lain. Dari 44 guru tersebut,  55% guru merasa kekurangan waktu dalam merancang evaluasi yang sesuai dengan keragaman jenis dan fase peserta didik, 59% guru merasa pilihan keterampilan vokasional  yang ada di sekolah masih terbatas, 48% masih kesulitan dalam membuat instrumen asesmen awal, dan 45% mengalami masalah dalam melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi keberagaman. Tantangan ini selaras dengan kebutuhan yang diinginkan guru, di mana 3 kebutuhan teratas yakni 84% mengharapkan pelatihan mengenai metode dan media pembelajaran yang berdiferensiasi, 77% membuat asesmen dan rencana pembelajaran, 77% pelatihan program kebutuhan khusus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...