Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2024): February

Pengaruh Metode Mengajar Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta

Utari, Desti Wahyu (Unknown)
Indriyani, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Salah satu penilaian terhadap motivasi belajar mahasiswa dapat dilihat melalui perolehan nilai IPK mahasiswa. Semakin tinggi perolehan nilai mahasiswa, maka dikatakan proses pembelajaran tersebut berhasil. Keberhasilan dari proses belajar ini tidak lepas dari peran dosen sebagai insan pengajar. Pemilihan metode pengajaran oleh dosen yang tepat dan sesuai akan membantu mahasiswa dalam mencapai keberhasilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh antara metode mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Kedisiplinan, hasil belajar, ketepatan waktu dalam mengikuti proses belajar mengajar, dan kemauan untuk mengerjakan tugas menjadi indikator yang diamati di lokus penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Data yang telah didapat selanjutnya diolah dengan software SPSS versi 27. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2022 program studi MSDMA dengan sampel penelitian yang diambil berjumlah 30 mahasiswa. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara metode mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia (PTK) is a forum for researchers, students, and professionals who want to publish their writing or research. The focus and scope of Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia include: Assessment and Feedback Student Motivation and Engagement Higher ...