Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia
Vol. 1 No. 4 (2024): August

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Perubahan Wujud Benda melalui Media Video pada Siswa Kelas III SD Negeri Serpong 02 Tahun 2021/2022

Sukmawati, Wati (Unknown)
Maharani, Citra Bintang (Unknown)
Husnah, ⁠Farah Miftahul (Unknown)
Pertiwi, Kartika Dwi (Unknown)
Syaira, ⁠Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) yang dimulai pada Oktober 2021 adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. kelas III tentang perubahan wujud benda dengan menggunakan media video. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan alat tes dan non tes. Metode deskriptif untuk menganalisis data kualitatif dan kuantitatif. Dengan persentase ketuntasan ≤ 40, presentasi siswa yang lulus KKM selama prasiklus 13% masih dianggap kurang. Akibatnya, penelitian ini dilakukan oleh guru dengan melakukan proses pembelajaran dengan bantuan media pembelajaran selama dua siklus. Pada siklus pertama, persentase hasil belajar siswa yang melebihi KKM meningkat menjadi 48%, tetapi hasil tersebut tidak sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada siklus kedua, persentase hasil belajar siswa yang melebihi KKM meningkat sebesar 83%. Hasil penelitian menyatakan bantuan media video dalam pembelajaran perubahan wujud benda mampu mengoptimalkan pencapaian belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia (PTK) is a forum for researchers, students, and professionals who want to publish their writing or research. The focus and scope of Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia include: Assessment and Feedback Student Motivation and Engagement Higher ...