Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dan mendeskripsikan masing-masing tingkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian    adalah siswa MAN di Palembang kelas X IPA 1 yang terdiri dari 15 siswa. Pengambilan subjek sebanyak 3 subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes dan pertimbangan guru matematika yaitu 1 subjek kemampuan komunikasi matematis tingkat tinggi, 1 subjek kemampuan komunikasi matematis tingkat sedang, dan 1 subjek kemampuan komunikasi matematis tingkat rendah. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis untuk subjek dengan kemampuan tinggi memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis sebanyak 2 orang dengan hasil tes mencapai nilai, subjek dengan kemampuan komunikasi sedang memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis sebanyak 12 orang dengan hasil tes mencapai , dan subjek dengan kemampuan komunikasi rendah belum memenuhi keseluruhan indikator kemampuan komunikasi    matematis sebanyak 1 orang dengan hasil tes mencapai.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022