Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 11 No 1 (2024): Juni 2024

Integrasi Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di Sekolah Dasar

Arlistiyanta, Jaka (Unknown)
Azizah, Mira (Unknown)
Paryati, Paryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Integrasi Dimensi Berkebinekaan Global P5 Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Seni Tari Di SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengintegrasian nilai-nilai profil pelajar pancasila berkebinekaan global dapat diterapkan peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari yang sesuai dengan profil pelajar pancasila Metode Kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi dan wawancara. Tempat penelitian yaitu SDN Pandeanlamper 01 Semarang dengan subjek penelitian guru dan peserta didik kelas IV - VI SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Adapun teknik pengumpulan data kualiatatif mengambil teori (Faiz & Soleh, 2021 Sugiyono, 2015). Hal tersebut sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilaksanakan melibatkan guru serta telah sesuai dengan hasil observasi wawancara dan survei telah terdokumentasi dengan baik serta telah terlaksana. Pendidikan karakter melalui aspek-aspek profil pelajar Pancasila dirancang untuk pelajar dengan enam sikap yaitu yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...