Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 6, No 3 (2024): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengembangan Powerpoint For Android Dengan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

rifa'i, irfan (Unknown)
Prayito, Muhammad (Unknown)
Harun, Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

 Seiring berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ikut mempengaruhi perkembangan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah satu penentu keberhasilan belajar siswa. Pemanfaatan teknologi android selama ini bukan hanya dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi, atau sekedar hiburan tetapi saat ini dapat dikembangkan untuk media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan powerpoint for android dengan model Think Talk Write untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP N 1 Pucakwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan jenis penelitian yang digunakan adalah ADDIE. (1) Analyze, analisis kebutuhan siswa menunjukkan siswa membutuhkan media pembelajaran. (2) Design, produk yang dihasilkan pada penelitian ini media powerpoint for android. (3) Development, media yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli media 84%, ahli materi 82%, dan ahli desain pembelajaran 85% sehingga dikatakan valid. (4) Implementation, tanggapan siswa di kelas VII C tingkat pencapaian 89% berada pada kategori praktis. (5) Evaluation, data dalam penelitian ini terdiri dari data awal berupa nilai yang diperoleh melalui nilai pretest dan data akhir berupa nilai yang diperoleh melalui posttest. Hasil dari posttest kedua kelas dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t pihak kanan) didapat  diperoleh dan  karena Karena  maka H0 ditolak dan H1 diterima diterima sehingga dikatakan efektif. Jadi, dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan Powerpoint for Android dengan model Think Talk Write untuk meningkatkan pemahaman konsep dikatakan valid, praktis, dan efektif daripada model pembelajaran konvensional. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...