Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5, No 6 (2023): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berkonteks Etnomatematika Pada Candi Borobudur

Widodo, Ridwan (Unknown)
Indiati, Intan (Unknown)
Shodiqin, Ali (Unknown)
Nursyahidah, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2024

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk membantu dalam proses belajar mengajar. Kurangnya implementasi media pembelajaran yang menarik membuat siswa bosan dengan suasana belajar. Mengakibatkan kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Augmented reality adalah salah satu bentuk media yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran di era sekarang. Bentuk dari AR sendiri mengimplementasikan dunia maya ke dalam dunia nyata. Pembelajaran matematika akan lebih menyenangkan apabila bisa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis AR yang berkonteks etnomatematika pada candi borobudur. Adanya keterkaitan konteks candi borobudur dengan AR akan membantu siswa dalam proses pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa media yang dihasilkan mendapat kelayakan sebesar 88% berdasarkan angket respon siswa, validasi kelayakan media 87% dan kelayakan materi 94% dari validator ahli, terjadi rata-rata hasil belajar media AR yang lebih baik dibanding pembelajaran secara konvensional, terjadi keaktifan belajar siswa sangat baik pada saat menggunakan media AR.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...