Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5, No 5 (2023): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Khurniati, Noor Laila (Unknown)
Harun, Lukman (Unknown)
Aini, Aurora Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2024

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh siswa. Agar setiap siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis, maka keterlibatan guru dalam pembelajaran sangat berpengaruh. Namun, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran hanya terfokus pada guru dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan geogebra dan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) Pengaruh model Problem Based Learning berbantuan geogebra lebih baik daripada model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...