Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 6, No 4 (2024): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Eksplorasi Etnomatematika Motif Batik Lumintu Khas Kabupaten Semarang dalam pembelajaran Transformasi Geometri

Sekarsari, Adinda (Unknown)
Azka, Raekha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Konsep matematika dikaitkan dengan konteks budaya memberikan peran yang besar dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi objek-objek pada Batik Lumintu yang  berkaitan dengan konsep matematika yang ada di sekolah. Penelitian ini, merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan instrument pendukung dalam penelitian ini meliputi studi literatur, dokumentasi serta catatan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Batik Lumintu khas Kabupaten Semarang memiliki nilai etnomatematika yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika pada materi transformasi geometri. Batik ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa dalam materi transformasi geometri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...