Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media Canva dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas X Teknologi Farmasi SMK Negeri 2 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tondano pada tahun 2024. Data dikumpulkan melalui observasi selama proses pembelajaran serta menilai motivasi belajar siswa dengan lembar observasi. Hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa : (1) pada pra siklus dari total 12 siswa, tidak ada siswa (0%) dengan motivasi belajar tinggi, 4 siswa (33,3%) dengan motivasi belajar sedang, 6 siswa (50%) dengan motivasi belajar kurang, dan 2 siswa (16,6%) dengan motivasi belajar rendah. (2) pada siklus pertama, peneliti menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Hasilnya dari total 12 siswa, 4 siswa (33,3%) dengan motivasi belajar sedang, 8 siswa (66,6%) dengan motivasi belajar kurang. (3) pada siklus kedua peneliti menggunakan media Canva dalam pembelajaran. Hasilnya dari total 12 siswa, semua siswa (100%) dengan motivasi belajar tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi, disimpulkan bahwa media Canva dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas X Teknologi Farmasi SMK Negeri 2 Tondano.
Copyrights © 2024