Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi implikasi kurangnya prasarana pendidikan terhadap pembelajaran matematika di SMKN 1 Matan Hilir Utara, Kalimantan Barat, dengan fokus pada guru dan siswa kelas X dengan jumlah responden 60 orang. Melalui pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan observasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa 64,52% responden menyatakan dampak signifikan kurangnya fasilitas pendidikan terhadap motivasi belajar matematika. Mayoritas responden (54,84%) juga mengakui dampak yang cukup besar terhadap kualitas hasil belajar matematika. Analisis data menyoroti kesadaran tinggi (78,06%) akan dampak kurangnya fasilitas pendidikan dalam menghambat proses belajar siswa. Rekomendasi peningkatan fasilitas pendidikan diharapkan dapat meningkatkan motivasi, hasil belajar, serta pemahaman konsep matematika siswa, sesuai dengan perkembangan teknologi. Studi ini membentuk dasar bagi advokasi perbaikan fasilitas pendidikan dan investasi dalam lingkungan pembelajaran yang kondusif, dengan tujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di SMKN 1 Matan Hilir Utara. Kata Kunci: implikasi, prasarana, pembelajaran matematika Abstract: This study employs a qualitative descriptive method to explore the implications of the lack of educational infrastructure on mathematics learning at SMKN 1 Matan Hilir Utara, West Kalimantan, with a focus on teachers and X-grade students, totaling 60 respondents. Through data collection via questionnaires, interviews, and observations, the research findings indicate that 64.52% of respondents acknowledge a significant impact of inadequate educational facilities on the motivation for learning mathematics. Moreover, the majority of respondents (54.84%) also recognize a considerable impact on the quality of mathematics learning outcomes. Data analysis highlights a high awareness (78.06%) of the impact of insufficient educational facilities in hindering the learning process of students. Recommendations for improving educational facilities are expected to enhance motivation, learning outcomes, and the understanding of mathematical concepts among students, in line with technological advancements. This study serves as a foundation for advocating improvements in educational facilities and investments in a conducive learning environment, with the aim of enhancing the effectiveness of mathematics learning at SMKN 1 Matan Hilir Utara.Keywords: implications, infrastructure, mathematics learning.
Copyrights © 2024