Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor di kelas XI MIA SMAN 1 Sape. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling, dengan kelas XI MIA-2 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA-4 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran TPS, sedangkan kelompok kontrol menggunakan model konvensional. Data keterampilan berpikir kreatif dikumpulkan melalui tes uraian sebanyak 10 soal dan dianalisis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dibandingkan model konvensional, dengan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 69,46 dan kelompok kontrol sebesar 51,48. Peningkatan per-indikator keterampilan berpikir kreatif pada kelompok eksperimen menunjukkan kategori sedang hingga tinggi, dengan persentase peningkatan tertinggi pada indikator flexibility (72,36%) dan terendah pada originality (16,57%). Hasil uji hipotesis memperlihatkan nilai thitung sebesar 5,489 lebih besar dari ttabel sebesar 2,012, sehingga disimpulkan bahwa penerapan model TPS berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024