Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 3 (2024): Agustus

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Melalui Model Learning Cycle 5E

Rahayu, Intan Tri (Unknown)
Harjono, Ahmad (Unknown)
Wahyudi (Unknown)
Taufik, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Batukliang Utara. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian adalah teknik purposive sampling dengan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model Learning Cycle 5E dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum dan setelah perlakuan, kedua kelas diberikan tes kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 5 soal. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 83,57 dan 75,71. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H???? diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...