Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 3 (2024): Agustus

Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Matari IPS Kelas VI SDN Lendang Ara

Maharani, Liliq (Unknown)
Tahir, Muhammad (Unknown)
Syazali, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Peneliitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi IPS kelas VI SDN Lendang Ara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Lendang Ara sebanyak 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Instrumen tes yang diberikan sebanyak 17 butir soal pilihan ganda dan 3 butir soal uraian materi IPS berbasis HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS dilihat dari skor rata-rata tes sebesar 51,015 dimana skor tersebut dibawah KKM. Selain itu, didapatkan persentase kesulitan peserta didik menjawab soal C4 37,54%, persentase kesulitan menjawab soal C5 57,05% dan persentase kesulitan menjawab soal C6 72,48%. Adapun kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi IPS di SDN Lendang Ara diantaranya peserta didik kesulitan menganalisis soal, mengevaluasi soal memahami perintah soal, kesulitan memahami pilihan jawaban, kesulitan mengetahui arti kalimat, kesulitan menyesuaikan daftar kata pada soal dengan pilihan jawaban, kesulitan dalam memberikan saran atau solusi, kesulitan dalam menentukan pilihan jawaban, dan kesulitan konsentrasi dalam mengerjakan soal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...