Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 3 (2024): Agustus

Pengembangan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogi Sasak Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 5 Banyumulek

Sandi Kusuma, Lalu Alfi (Unknown)
Muhammad Tahir (Unknown)
Muhammad Sobri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogik Sasak dalam Pembelajaran IPAS, yang dimana akan mengenalkan kearifan lokal atau kebudayaan yang ada di daerah tempat tinggal mereka melalui pembelajaran IPAS sehingga menjadikan upaya dalam melestarikan dan memperkenalkan kearifan lokal suku sasak melalui jenjang pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogik Sasak dalam Pembelajaran IPAS, yang layak dan praktis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE (yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil penelitian Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogi Sasak dalam Pembelajaran IPAS memperoleh hasil validasi media berdasarkan hasil uji memperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Kemudian berdasarkan hasil uji validasi materi memperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Dengan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa media sangat layak digunakan,serta penggunaan media yang telah diujikan dalam kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata persentase yakni 92% dengan demikian dapat diketahui bahwa media dapat dinyatakan sangat praktis untuk digunakan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...