Pendidikan tinggi menggunakan pembelajaran yang menuntut kemandirian yang lebih tinggi dibandingkan dengan level pendidikan dibawahnya. Pengaturan waktu belajar diarahkan pada mahasiswa sesuai dengan kebiasaan yang baik bagi masing-masing. Namun dalam aturan pembelajaran yang di tentukan pemerintah, setiap mahasiswa harus memenuhi waktu belajar minumum untuk menyelesaikan sesuai jumlah SKS. Strategi pembelajaran pada pendidikan Vokasi PEI memiliki karakteristik dimana adanya pembelajaran yang aktif berupa teori dan praktik yang dilaksanakan secara terjadwal dikampus dan pembelajaran mandiri yang dilakukan diluar jadwal. Mahasiswa diharapkan mampu untuk menentukan pendalaman, kapan, metode dan bagaimana cara belajar serta waktu belajar yang sesuai dengan waktu belajar yang dicatatkan ke database. Pengambilan data kehadiran dilakukan secara online dimana mahasiswa secara langsung melakukan presensi kehadiran saat perkuliahan dimulai dan hasil disimpan dalam satuan menit kedalam database. Analisis regresi multivariable dilakukan untuk melihat korelasi antara waktu kehadiran di kelas dan waktu pembelajaran mandiri dengan nilai yang diperoleh. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara waktu belajar dikelas dengan nilai yang dicapai dengan P Value kurang dari 0.01. Sementara itu waktu belajar mandiri dirumah secara mandiri dan online (saat pandemic) tidak memperlihatkan korelasi yang signifikan.
Copyrights © 2023