Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 4 No. 4 (2024)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI

Saharani, Savilla Nadya (Unknown)
Khusaini, Khusaini (Unknown)
Sulur, Sulur (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuaniuntuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa karena penerapan model pembelajaran Flipped Classroom. Penelitian ini dilakukan di MAN Kota Batu menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain The One Group Pretest Posttest Design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 35 siswa dari kelas XI MIPA 1. Instrumen yang digunakan berupa tes menggunakan google formulir. Berdasarkan hasil analisis uji paired sample t-test dengan taraf siginfikansi 5% didapatkan sebesar 6,45 > 2,03 sehingga ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan pemecahan masalah siswa sebelum dan setelah pembelajaran, dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah sebesar 35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom dapatimeningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah diberi perlakuan berada dalam kategori sedang. Penelitian berikutnya diharapkan dapat menemukan aplikasi yang lebih baik untuk melakukan e-assessment.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...