Al-Muyassar: Journal of Arabic Education
Vol 3, No 2 (2024): Al-Muyassar: Journal of Arabic Education

Implementation of The Total Physical Response Method to Increase Activeness in Learning Arabic for Class IX Students at SMP IT Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir

Jannah, Raudatul (Unknown)
Masyfufah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ekperimen dengan pengumpulan datanya menggunakan observasi sebanyak tiga kali pertemuan. Partisipan berjumlah sebanyak 25 siswa di kelas IX SMP IT Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Total Physical Respon efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar Bahasa arab siswa kelas IX SMP IT Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode total physical response efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar Bahasa arab siswa dengan data berupa aktifitas tertinggi dengan presentase 100% adalah tabel nomor 1 dan 2. Kemudian aktifitas kedua terbaik dengan presentase 83% adalah tabel nomor 3, 5, dan 8, serta aktifitas terendah dengan presentase 66% adalah tabel nomor 4, 6, 7, 9, dan 10. Dapat dilihat juga pada tabel, terlihat peningkatan yang signifikan pada pertemuan pertama dengan skor 60% lalu meningkat pada pertemuan kedua menjadi 75% kemudian pada pertemuan ketiga meningkat menjadi 100%.  Hal ini menunjukkan bahwa metode total physical response efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar Bahasa arab siswa kelas IX SMP IT Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau.Kata Kunci: Implementasi, Total Physical Respon, Keaktifan Belajar Bahasa Arab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Al-Muyassar: Journal of Arabic Education is a journal published twice a year (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal published by the Arabic Education Department, Faculty of Islamic, Muhammadiyah ...