Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar model terstruktur dan model tidak terstruktur terhadap siswa kelas XI SMK Madani Makassar. Cara pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan pemberian pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Madani Makassar, sampling dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Madani Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji t melalui aplikasi spss 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbandingan model pembelajaran terstruktur dan tidak terstruktur dilihat pada hasil uji t nilai sig (2-tailed) 0,039<0,05, berarti Ho ditolak, dimana Ho: tidak ada perbandingan model pembelajaran terstruktur dan tidak terstruktur. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa adanya Model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari gain score Model pembelajaran Terstruktur 22 dan model pembelajaran tidak terstruktur 16,4.This research is experimental research which aims to determine the comparison of learning outcomes from structured models and unstructured models for class XI students at SMK Madani Makassar. The method for collecting data in this research was by administering a pretest-posttest. The population in this study were students of SMK Madani Makassar, the sampling in this study was students of class XI SMK Madani Makassar. The data analysis technique used is the t test technique via the SPSS 20 application. The research results show that there is a comparison of structured and unstructured learning models seen in the t test results with a sig (2-tailed) value of 0.039<0.05, meaning Ho is rejected, where Ho: there is no comparison of structured and unstructured learning models. The results of this research also conclude that there is a learning model that can improve student learning outcomes, seen from the gain score for the Structured learning Model of 22 and the unstructured learning model of 16.4.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024