EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
Vol 5 No 1 (2024): Edisi Januari 2024

Keragaman Burung di Ekosistem Mangrove Kecamatan Sungai Apit Sebagai Bahan Pengayaan Mata Kuliah Keanakeragaman Hayati Makhluk Hidup

hadi, hadi purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis burung, mengevaluasi interaksi burung dengan lingkungan, memahami dampaknya terhadap keberlanjutan ekosistem mangrove, juga untuk menghasilkan pengembangan handout berbasis potensi lokal dalam mengatasi kesulitan mahasiswa untuk memahami konsep populasi dan keragaman burung di lingkungan ekosistem mangrove, yang disebabkan oleh pendekatan pengajaran yang terlalu teoritis. Penelitian dilaksanakan di Ekosistem Mangrove Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau. Metode penelitian melibatkan kombinasi antara penelitian deskriptif dan pengembangan, menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan IPA Count. Hasil penelitian mengidentifikasikan adanya 24 jenis burung dengan skor validasi handout yang tinggi mencapai 84,50. Hasilnya penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan pada pemahaman mahasiswa terkait keragaman burung di ekosistem mangrove, sehingga dapat diintegrasikan sebagai bahan pendukung dalam mata kuliah Keanekaragaman Hayati Makhluk Hidup. Diharapkan handout berbasis potensi lokal dapat efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap keragaman burung di ekosistem mangrove, dan berkontribusi pada upaya pelestarian dan pengelolaan ekosistem mangrove di wilayah tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduteach

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran (EDUTEACH) adalah sebuah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Unit Pelaksana Praktik Kependidikan Terpadu (UP2KT) FKIP Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Eduteach terdaftar pada PDII LIPI dengan Nomor ISSN 2715-9779 (Online) dan 2715-9760 ...