Modul yang digunakan oleh guru di SMK Taruna Pekanbaru masih belum mendorong minat belajar mandiri bagi siswa, karena modul yang digunakan belum terkonsep dalam bentuk yang utuh serta materi yang diberikan belum sepenuhnya sesuai dengan kompetensi dasar pada kurikulum yang diterapkan di sekolah. Media yang digunakan masih menggunakan media papan tulis dan metode ceramah sehingga siswa merasa jenuh dan tidak memiliki motivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis Flipbook pada mata pelajaran dasar-dasar kejuruan teknik elektronika yang valid dan praktis. Penelitian menggunakan metode Research and Develepment dengan model 4-D yang di modifikasi menjadi model 3-D, yakni Define, Design dan Development. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TE SMK Taruna Pekanbaru. Instrumen penelitian berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Hasil yang diperoleh berupa data validitas E-Modul dari ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat valid dan hasil praktikalitas dari respon guru dan siswa dengan hasil sangat praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024