Latar Belakang : Pendekatan sistem dalam pendidikan dasar berfokus pada pemahaman holistik terhadap berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk penelitian ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antar pihak terkait, termasuk guru, siswa, orang tua, dan pemerintah. Hasil analisis menunjukkan bahwa solusi yang efektif tidak hanya mengandalkan satu aspek, tetapi memerlukan integrasi dari berbagai elemen dalam sistem pendidikan. Metode : Metode yang digunakan dalam Penelitian ini dengan memetakan interaksi antara elemen-elemen seperti kurikulum, metode pengajaran, lingkungan sekolah, dan dukungan komunitas, penelitian ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antar pihak terkait, termasuk guru, siswa, orang tua, dan pemerintah. Hasil dan Pembahasan : Hasil analisis menunjukkan bahwa solusi yang efektif tidak hanya mengandalkan satu aspek, tetapi memerlukan integrasi dari berbagai elemen dalam sistem pendidikan. Kesimpulan : Pendekatan sistem ini diharapkan dapat menghasilkan inovasi dan perbaikan yang berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia.
Copyrights © 2023