UMKM Bagelan Laksmana Dumai bergerak di bidang produksi Roti Kering yang rumah produksi nya terletak di Jalan Pattimura Komplek TNI Angkatan Laut Blok A No 1 Dumai, pengembangan usaha UMKM Bagelan Laksmana sangat membutuhkan strategi pemasaran dikarenakan tidak memiliki outlet online maupun offline dan juga kurang melakukan aktifitas promosi secara online melalui sosial media untuk itu diperlukan penentuan strategi pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM sebagai pertimbangan dalam menjalankan usaha dimasa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Bagelan Laksmana Dumai bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi pemasaran yang ditinjau dari faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan yang ada pada UMKM Bagelan Laksmana Dumai dan juga faktor eksternal berupa peluang dan ancaman. Berdasarkan hasil perhitungan TAS sebesar 7,41 yaitu pada faktor internal. Berdasarkan analisis internal factor evaluation UMKM Bagelan Laksmana harus mengaplikasikan strategi mempertahankan kualitas produk untuk memberikan jaminan kepercayaan kepada konsumen. Berdasarkan eksternal faktor evaluation peluang (opportunity) utama UMKM Bagelan Laksmana adalah berupa bantuan dari pemerintah dan ancaman (threats) utama yaitu produk sejenis
Copyrights © 2024