Abstrak: Implementasi Education for Sustainable Development (ESD) pada lembaga pendidikan merupakan aspek yang penting dalam menghadapi tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dihadapi oleh dunia saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi ESD di lembaga pendidikan, khususnya di SMA/SMK/Aliyah di Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan melalui Google Form kepada 3 wakil kepala sekolah bagian kesiswaan di Kota Medan. Responden penelitian ini adalah siswa yang baru menyelesaikan pendidikan SMA/SMK/Aliyah, dengan jumlah total responden sebanyak 204 orang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terdapat 27,17% menjawab pernah, 26,08% menjawab tidak pernah dan 46,73% mengimplementasikannya. Hal ini menunjukkan bahwa 46,73% guru memberikan ruang dan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi secara aktif, sehingga mencerminkan pendekatan pendidikan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Selain itu, penelitian ini mendapatkan hasil untuk mengetahui apakah para siswa mendapatkan pembelajaran disekolah tentang lingkungan dengan persentase 88,58% menjawab pernah dan 11,41% menjawab tidak pernah dan diperoleh hasil 64,2% menjawab tidak pernah melakukan kunjungan yang berkaitan dengan isu keberlanjutan lingkungan.
Copyrights © 2023