Alotrop Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia
Vol. 8 No. 1 (2024): Penelitian Kimia dan Pembelajaran Kimia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Hizkia Mahezra Agustin (Unknown)
Rina Elvia (Unknown)
Rohiat, Salastri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model pembelajaran group investigation menggunakan bantuan media animasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Menggunakan kelas XII IPA 4 MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 sebagai subjek dari penelitian. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observai dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan lembar observasi , tes dan lembar respon siswa. Dari data hasil analisis yang dilakukan model pembelajaran dan media yang digunakan dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan peningkatan hasil pada setiap siklus, pada siklus I 56,2%, siklus II 75% dan siklus III 81,2%. Data hasil observasi siswa menunjukan terjadi peningkatan terhadap aktifan siswa pada setiap siklusnya, siklus I memiliki skor penilaian 13, siklus II 14,5 dan siklus III 17,8. Aspek kemampuan berpikir kreatif yang mengalami peningkatan yang siginifikan adalah aspek flexibility dan originality

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alotropjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Welcome to the Journal Alotrop, is an Open-Acces and peer-reviewed journal aims to publish scientific articles related to chemistry and education :i.e an interaction between natural sciences, educational sciences, technologies and management for both education and sciences and wise use of resources. ...