Jurnal Media Pengabdian Komunikasi
Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Media Pengabdian Komunikasi

Sosialisasi Literasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Perekonomian UMKM

Mujianto, Haryadi (Unknown)
Fatika, Cindi (Unknown)
Rahmawati, Hilda (Unknown)
Purwaningsih, Neneng Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Abstract Internet media has become a major necessity in various aspects of community activities throughout the world. Almost all individual and company activities involve the use of the internet, from education, work to business. The phenomenon that occurs is that there are still many business actors who do not utilize the internet, one of which is MSME actors in Pamalayan Village, Cisewu District, most of whom use social media platforms only as entertainment. Lack of socialization regarding digital marketing and marketplaces is one of the obstacles experienced by MSME players. MSMEs are required to be able to adapt to internet technology to be able to push their products into wider marketing areas. By utilizing the internet, MSMEs have the opportunity to develop their business with a wider reach domestically and internationally at relatively low costs and in a fast time. The aim of this Community Service is to carry out socialization programs in the form of seminars and training regarding digital marketing and marketplace literacy in Pamalayan Village. The method used in this activity is seminars and training in the form of lectures and direct practical assistance, while the method used in preparing this article is the descriptive method. The result of this PKM activity is that business actors in Pamalayan Village, Cisewu District, Garut Regency received a deeper introduction to digital marketing and the use of marketplaces as a means of online promotion to expand product sales areas and reach more potential target markets. Regular support from the government and private institutions is also needed to increase public insight and knowledge in the form of seminars, training and capital. It is hoped that this activity can contribute to increasing the knowledge and skills of the Pamalayan Village community in business development in line with technological developments. Keywords: Digital marketing; literasi; UMKM.  Abstrak Media internet menjadi kebutuhan utama pada berbagai aspek kegiatan masyarakat di seluruh dunia. Hampir seluruh aktivitas individu maupun perusahaan tidak luput dari penggunaan internet mulai dari pendidikan, pekerjaan hingga bisnis. Fenomena yang terjadi adalah masih banyaknya pelaku usaha yang kurang memahami pemanfaatan internet, salah satunya Pelaku UMKM di Desa Pamalayan Kecamatan Cisewu yang kebanyakan menjadikan platform media sosial hanya sebatas hiburan. Kurangnya sosialisasi mengenai digital marketing dan marketplace menjadi salah satu hambatan yang dialami para pelaku UMKM. UMKM dituntut untuk bisa beradaptasi dengan teknologi internet untuk dapat mendorong produknya ke area pemasaran yang lebih luas. Dengan memanfaatkan internet, Pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk mengembangkan usahanya dengan jangkauan yang lebih luas secara domestik maupun internasional dengan biaya yang relatif murah dan waktu yang cepat. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah melaksanakan program sosialisasi berupa seminar dan pelatihan mengenai  literasi digital marketing dan marketplace di Desa Pamalayan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu seminar dan pelatihan berupa ceramah dan pendampingan praktik secara langsung sedangkan metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah metode deskriptif. Hasil dari kegiatan PKM tersebut yaitu pelaku usaha di Desa Pamalayan Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut mendapatkan pengenalan lebih dalam tentang digital marketing dan pemanfaatan marketplace sebagai salah satu sarana promosi online untuk memperluas area penjualan produk dan menjangkau target pasar yang lebih potensial. Dukungan secara berkala dari pemerintah dan lembaga swasta juga diperlukan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam bentuk seminar, pelatihan maupun permodalan. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan  ilmu dan keterampilan masyarakat Desa Pamalayan dalam pengembangan usaha seiring dengan perkembangan teknologi. Kata-kata kunci: Literasi; pemasaran digital; UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

medikom

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun (Desember dan Juni). Jurnal ini berfokus pada hasil pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan, sosialisasi, pelatihan dan pemberdayaan masyarakat yang memiliki nilai kebaruan dalam bidang ilmu komunikasi atau rumpun ilmu social ...