Keseimbangan dan koordinasi merupakan komponen penting dalam perkembangan motorik anak, yang berperan signifikan dalam berbagai aktivitas fisik sehari-hari. Penelitian ini meneliti bagaimana kemampuan keseimbangan dan koordinasi pada siswa kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar (SD) Khadijah Wonokromo Surabaya dipengaruhi oleh faktor usia dan perkembangan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan keseimbangan dan koordinasi (mata dan tangan) pada siswa kelas 3 dan 4 SD Khadijah Wonokromo Surabaya. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif, penelitian ini melibatkan 32 siswa laki-laki berusia 9-11 tahun sebagai sampel yang dipilih melalui cluster sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes keseimbangan dengan balok titian dan one-leg stand, serta tes koordinasi melalui kegiatan menendang dan melempar bola. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kelas 4 memiliki kemampuan keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik dibandingkan siswa kelas 3, yang diduga dipengaruhi oleh faktor fisik, indera penglihatan, fokus, serta tingkat kematangan mental. Penelitian ini menyarankan studi lanjutan terkait perbedaan kemampuan antara siswa laki-laki dan perempuan, serta pentingnya perhatian pendidik terhadap perkembangan anak dalam melatih keseimbangan dan koordinasi.
Copyrights © 2024