Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 4 (2023): EDISI OKTOBER

FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK PERSONAL BRANDING “INDO’ BOTTING” DALAM MEDIA SOSIAL DI SULAWESI SELATAN

Achmad, Nur Asmi (Unknown)
Bahfiarti, Tuti (Unknown)
Fatimah, Jeanny Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Personal branding "Indo’ botting" merupakan fenomena yang menarik dalam industri kecantikan di Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk personal branding "Indo’ botting" dalam media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis SWOT yang akan digunakan sebagai kerangka kerja untuk menganalisis data dari wawancara dan analisis konten media sosial. Ini akan membantu mengidentifikasi kekuatan internal (Strengths), kelemahan internal (Weakness), peluang eksternal (Opportunities), dan ancaman eksternal (Threats) yang mempengaruhi personal branding "Indo’ botting." Informan dalam penelitian ini akan dipilih secara purposive (berdasarkan pertimbangan tertentu) dengan jumlah narasumber yang memadai untuk mendapatkan informasi yang kaya dan beragam. Sedangkan analisis data menggunakan analisis tematik dan analisis konten media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan internal, seperti keahlian dalam kecantikan tradisional Bugis, konten menarik, dan interaksi emosional dengan pengikut, merupakan kunci keberhasilan personal branding "Indo’ botting." Selain itu, peluang pasar untuk layanan pernikahan adat Bugis dan ancaman persaingan di lingkungan digital juga mempengaruhi strategi personal branding. Penelitian ini memberikan wawasan bagi para pelaku bisnis dan praktisi pemasaran untuk memanfaatkan potensi media sosial dalam membangun dan mengoptimalkan personal branding "Indo’ botting" di Sulawesi Selatan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...