SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied
Vol 5 No 02 (2024): Edisi Mei 2024

Kemampuan Komunikasi Matematis dan Penerapan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Aplikasi Trello

Kusuma, Dianne Amor (Unknown)
Hutauruk, Agusmanto J. B. (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Teknologi saat ini berkembang sangat pesat sehingga para pendidik dituntut untuk mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak penerapan cooperative learning tipe jigsaw berbantuan aplikasi trello terhadap kemampuan komunikasi matematis pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian, angket sikap berbentuk skala Likert, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning tipe jigsaw berbantuan aplikasi trello dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dan mahasiswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran matematika. Kata Kunci: Komunikasi matematis, cooperative learning, jigsaw, trello.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sepren

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Mathematics Other

Description

Jurnal Sepren mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan matematika, baik dalam pendidikan matematika maupun matematika terapan. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Jurnal Sepren ini berupa artikel dari para peneliti pendidikan matematika, peneliti ...