Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
Vol. 11 No. 2 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September

Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Pada Kinerja UMKM Tahu Kalisari

Rianto, Sugeng (Unknown)
Syauqi, Achmad (Unknown)
Prasetya, Angga Ari (Unknown)
Anjani, Mia (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Para pelaku UMKM tahu kalisari tentunya tidak pernah lepas dari berbagai permasalahan yang ada. Mulai dari permasalahan yang terjadi di dalam perusahaan yaitu turunnya penjualan yang berdampak pada pendapatan bulanan bahkan tahunan sehingga mengakibatkan penurunan laba usaha. Para pelaku UMKM tahu ini juga masih dikelola sebagian besar oleh masyarakat dengan tingkat pendidikan menengah kebawah sehingga membuat kurangnya kemajuan dalam transformasi kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar terhadap kinerja UMKM Tahu Kalisari. Dengan menggunakan 97 responden pelaku UMKM tahu Kalisari dihasilkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap orientasi pasar dan kinerja UMKM. Orientasi Pasar berpengaruh positif terhadap Kinerja UMKM serta menjadi mediasi antara orientasi kewirausahaan dan kienerja UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan ...