JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 17, No 2 (2024): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 17 Nomor 2 Agustus

Meningkatkan kemampuan visualisasi spasial materi Pythagoras dengan aplikasi geogebra

Aulia, Wulan Novita (Universitas muhammadiyah cirebon)
Lusiyana, Desy (Unknown)
Sumliyah, Sumliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan visualisasi spasial siswa terhadap pembelajaran materi teorema Pythagoras menggunakan aplikasi geogebra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 72 responden yang merupakan siswa kelas VIII disalah satu sekolah Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Cirebon. Instrumen yang digunakan berupa tes deskripsi kemampuan visualisasi spasial sebanyak lima soal. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji Korelasi Product Moment menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menampilkan bahwa kemampuan visualisasi spasial siswa meningkat, sehingga siswa dapat melakukan proses kemampuan visualisasi spasial dengan baik dalam menyelesaikan permasalahan teorema Pythagoras menggunakan geogebra, hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,80. Oleh karena itu, penerapan geogebra memberikan pengaruh pada peningkatan kemampuan visualisasi spasial siswa dan dapat dikatakan efektif diterapkan pada proses pembelajaran matematika di kelas VIII.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...