Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi aturan sinus dan cosinus. Hal ini diperkuat dengan nilai siswa yang rata-ratanya masih dibawah KKTP dan juga dilihat dari respon siswa yang dimana proses belajar tersebut mempengaruhi nilai siswa, pendidik menyatakan bahwa berdasarkan hasil penilaian formatif pada materi aturan sinus dan cosinus peserta didik memperoleh nilai rata-rata 54,5, sedangkan KKTP kelas XI yaitu 75 sehingga bisa disimpulkan tujuan pembelajaran belum tercapai. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD materi aturan sinus dan cosinus yang valid melalui pendekatan PBL. Penelitian dan pengembangan dilaksanakan menggunakan metode 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Penelitian ini dimulai dengan pengamatan awal kebutuhan di lapangan, lalu dilanjutkan dengan perancangan prototype-1. LKPD divalidasi oleh ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa. Hasil validasi LKPD oleh ketiga validator menunjukan bahwa LKPD layak untuk diujikan kepada peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 88,9% dengan kategori sangat valid. Revisi dari tahap validasi ahli menghasilkan prototype-2. Uji coba terbatas dilakukan pada 6 peserta didik dengan tingkatan kemampuan matematis, pada uji coba terbatas tidak terdapat saran perbaikan, maka prototype-2 siap dilakukan uji lapangan pada kelas XI.1 dengan hasil penilaian rata-rata sebesar 80,4 sehingga kualitas LKPD termasuk dalam kategori “Baik”.
Copyrights © 2024