FingeR: Journal of Elementary School
Vol. 2 No. 2 (2023): Edisi: Desember

Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar

Anggi Putrianti, Windy (Unknown)
Safitri, Sani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamalan nilai-nilai pancasila yang dilaksanakan melalui budaya sekolah yang ada di kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 59 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengamalan dalam budaya sekolah yang mengandung nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila sebagai identitas manusia Indonesia di kelas IVB SD Negeri 59 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian iniyaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman, yaitu analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas IVB SD Negeri 59 Palembang telah menerapkan nilai-nilai dalam setiap sila pancasila yang diterapkan melalui kegiatan budaya sekolah dengan baik. Adapun kegiatan-kegiatan budaya sekolah tersebut yaitu seperti morojaah, budaya 5S (Senyum, sapa, salam, sopan, dna santun), upacara bendera, gotong-royong, membuat kesepakatan kelas, mengadakan infaq, tidak membeda-bedakan sesama, tidak adanya bullying, shalat dhuha dan lain sebagainya.Kata Kunci; Pengamalan nilai-nilai Pancasila, Budaya Sekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

FingeR

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

FingeR (Journal of Elementary School) is a journal of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Primary School/ Basic Education/ MI/ SD which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency in PGMI/PGSD/MI/SD 2. Learning strategies in PGMI/PGSD/MI/SD ...