Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang diberikan oleh guru bagi siswa yang tidak berprestasi di SD Negeri Tanah Merah. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles & Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkanbahwa upaya guru terkait dengan gaya belajar bagi siswa yang tidak berprestasi di kelas yaitu dengan memahami karakter siswa secara lebih intensif, memperbanyak komunikasi, bertukar pikiran, memberikan motivasi, membuat media pembelajaran yang menarik, menggunakan gaya belajar yang bervariasi, dan meningkatkan sarana dan prasarana yang ada disekolah. Gaya belajar siswa yang tidak berprestasi diantaranya, AD yang memiliki gaya belajar visual, RD memiliki gaya belajar kinestetik, IW memiliki gaya belajar audiovisual, IM memiliki gaya belajar audio, dan bahkan ada dua siswa yang memiliki ketiga gaya belajar siswa tersebut adalah AG dan EL.Kata Kunci; Upaya Guru, Gaya Belajar Siswa
Copyrights © 2023