FingeR: Journal of Elementary School
Vol. 2 No. 2 (2023): Edisi: Desember

Analisis Upaya Guru terhadap Gaya Belajar Siswa yang tidak Berprestasi di Sekolah Dasar

Noviana, Rina (Unknown)
Ulin Ni'am, Ahmad (Unknown)
Septikasari, Resti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang diberikan oleh guru bagi siswa yang tidak berprestasi di SD Negeri Tanah Merah. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles & Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkanbahwa upaya guru terkait dengan gaya belajar bagi siswa yang tidak berprestasi di kelas yaitu dengan memahami karakter siswa secara lebih intensif, memperbanyak komunikasi, bertukar pikiran, memberikan motivasi, membuat media pembelajaran yang menarik, menggunakan gaya belajar yang bervariasi, dan meningkatkan sarana dan prasarana yang ada disekolah. Gaya belajar siswa yang tidak berprestasi diantaranya, AD yang memiliki gaya belajar visual, RD memiliki gaya belajar kinestetik, IW memiliki gaya belajar audiovisual, IM memiliki gaya belajar audio, dan bahkan ada dua siswa yang memiliki ketiga gaya belajar siswa tersebut adalah AG dan EL.Kata Kunci; Upaya Guru, Gaya Belajar Siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

FingeR

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

FingeR (Journal of Elementary School) is a journal of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Primary School/ Basic Education/ MI/ SD which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency in PGMI/PGSD/MI/SD 2. Learning strategies in PGMI/PGSD/MI/SD ...