Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher)
Vol. 5 No. 1 (2024)

PENGARUH KONSEP DIRI, DUKUNGAN SOSIAL DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA MADRASAH DINIYAH HIKMATUN NAJIYAH SIDOSERMO SURABAYA

Ya'lu, Muhammad (Unknown)
Masnawati, Eli (Unknown)
Darmawan, Didit (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Pendidikan merupakan perjalanan yang berkesinambungan yang dimulai sejakseseorang dilahirkan hingga akhir hayatnya. Proses pendidikan ini meliputi berbagai bentukpembelajaran yang utama dalam pembentukan karakter, dan potensi manusia, pembentukanindividu, dan motivasi berprestasi adalah elemen sentral dalam hasil pembelajaran siswa.diharapkan manusia akan lebih menyadari esensi dirinya, tugas, dan fungsi yang diberikankepadanya di dunia ini sebagai khalifah di bumi dan hamba Allah SWT.Studi ini bertujuan untuk menentukan pengaruh konsepsi diri dukungan sosial dankopetensi guru terhadap motivasi berprestasi siswa di Madrasah Diniyah HikmatunNajiyyah, Sidosermo, Surabaya. Populasi dalam penelitian ini termasuk semua siswa diMadrasah Diniyah, yaitu 56 siswa. Metode pengambilan sampel secara acak. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan tes statistik seperti regresilinear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri, dukungan sosial dankopetensi guru memiliki efek positif dan signifikan pada motivasi berprestasi siswa diMadrasah Diniyah Hikmatun Najiyyah, Sidosermo, Surabaya. Temuan ini mengilustrasikanbahwa faktor-faktor konsep diri dukungan sosial dan kopetensi guru saling mempengaruhidan memberikan kontribusi penting dalam membentuk tingkat motivasi berprestasi siswadi lingkungan Madrasah Diniyah Hikmatun Najiyyah, sidosermo, surabaya.

Copyrights © 2024