cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
zulanwar17@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher)
ISSN : -     EISSN : 27219666     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher) focuses on teaching and learning studies. Published twice a year in April and October.
Articles 186 Documents
PENINGKATAN PENGUASAAN PENYELESAIAN SOAL CERITA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BELAJAR COOPERATIVE TIPE JIGSAW Purnawati
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan penyelesaian soal cerita dalam pembelajaran matematika melalui metode belajar cooperative tipe jigsaw. Subyek penelitian ini, yaitu siswa kelas V SDN 1 Puyung. Penggunaan model penelitian tindakan kelas pada penelitian ini adalah model dari Kemmis dan Mc Taggrat. Hasil yang didapat pada pra-tes menunjukkan bahwa seluruh siswa belum mencapai nilai batas minimal yang disepakati oleh peneliti sebagai batas ketuntasan. Setelah memperoleh data awal dilakukannya tindakan siklus I. Dari hasil akhir pertemuan di siklus I diperoleh data bahwa semua subyek mengalami peningkatan yang baik. Untuk memperbaiki hasil siklus I diadakanlah siklus II. Hasil yang diperoleh semua siswa sudah mencapai batas minimum ketuntasan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan metode belajar cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan penguasaan penyelesaian soal cerita dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN 1 Puyung Lombok Tengah.
HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KOMUNIKASI VERTIKAL DENGAN KINERJA GURU SD Subiyanto Subiyanto
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Konsep Diri denganKinerja Guru, Hubungan Komunikasi Vertikal dengan Kinerja Guru , Hubungan Konsep Diri dan Komunikasi Vertikal dengan Kinerja Guru. Penelitian yang dilakukan dengan analisis survey yaitu statistika deskriptif mean, meadian,modus, standar deviasi dan statistic inferensial dalam korelasi dan regresi, t tes dan F tes untuk signifikan korelasi dan persamaan garis regresi. Penelitian ini diselesaikan di SMP Se-Kecamatan Jonggat pada Bulan Oktober 2018 sampai Januari 2019. Hasil penelitian telah ditemukan : terdapat hubungan positif (hubungan) konsep diri dengan kinerja guru dengan nilai sig = 0,001 , ttest(3,561) >ttable (2,02) on a = 0,05. Tidak terdapat hubungan positif (hubungan) antara komunikasi vertikal dengan kinerja guru dengan nilai sig = 0,204ttest(1,281) >ttable (2,00) on a = 0,05, terdapat hubungan positif (hubungan) konsep diri dan komunikasi vertikal secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan nilai r = 0,879 dan r2 (square) = 0,773 atau 77,3% kontribusi konsep diri dan komunikasi vertikal dengan kinerja guru.
HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA, KOMPETENSI GURU DAN SIKAP DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN WILAYAH GUGUS XII PALANGKA RAYA Satiman
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua, kompetensi professional guru matematika dan sikap terhadap matematika dengan hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di SDN Gugus XII Palangka Raya. Penelitian dilakukan kepada 63 anak SD kelas VI yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan metode survey. Dengan menggunakan teknik analisis data korelasi parsial dan regresi ganda. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wilayah Gugus XII Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi professional guru matematika dengan hasil belajar matematika, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap terhadap matematika dengan hasil belajar matematika, dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua, kompetensi professional guru matematika dan sikap terhadap matematika secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika.
HUBUNGAN IKLIM ORGANISASI DAN EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA GURU SMP SWASTA DI KECAMATAN JONGGAT, LOMBOK TENGAH Muhamad Suhardi
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan iklim organisasi dan efektivitas kepemimpinan terhadap prestasi kerja guru SMP di Kabupaten Jonggat, Jakarta Utara. Metodologi penelitian adalah survei yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa (1) iklim organisasi memiliki hubungan langsung positif dalam kinerja pekerjaan, (2) efektivitas memiliki efek hubungan positif dalam kinerja pekerjaan, (3) iklim organisasi memiliki hubungan langsung positif dalam kepemimpinan efektivitas.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI Lalu Sulaiman
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis argumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sukarara Lombok Tengah pada tahun 2015 dengan 32 sampel. Pengambilan data diperoleh melalui tes analisis Varian (ANAVA) dua jalur dengan desain treatmeant by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil menulis argumentasi siswa yang menggunakan metode problem based learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan metode resitasi. (2) Hasil menulis argumentasi siswa yang berpikir kritis tinggi dan belajar dengan metode problem based learning lebih baik dari pada metode resitasi, (3) Hasil menulis argumentasi siswa yang berpikir kritis rendah dan belajar dengan metode problem based learning lebih baik dari pada metode resitasi, (4) Tidak terdapat pengaruh interaksi anatara metode pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis argumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengintegrasikan metode problem based learning dan metode resitasi dengan mempertimbangkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi.
URGENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS LITERASI GEOGRAFI MATERI FLORA DAN FAUNA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Achmad Farid
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses pembelajaran terdapat beberapa hal yang penting dan harus terpenuhi. Bahan ajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Bahan ajar dijadikan sebagai salah satu sumber informasi materi yang penting bagi guru maupun peserta didik. Mengingat pentingnya keberadaan bahan ajar dalam menunjang proses pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran tetapi berdasarkan fakta yang terdapat di lapangan kebanyakan guru belum pernah mengembangkan sendiri bahan ajar IPS. Guru tidak tahu bagaimana prosedur dalam pengembangan bahan ajar. Selain itu fakta yang ditemukan di lapangan juga bahan ajar tidak dianggap penting karena kebanyakan guru menggunakan bahan ajar dari buku penerbit. Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui fungsi bahan ajar bagi peserta didik dan guru serta Urgensi Pengembangan “Bahan Ajar IPS berbasis Literasi Geografi materi Flora dan Fauna” terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang dipakai dalam penulisan makalah ini adalah dokumentasi dan kajian pustaka/Literatur. Kajian pustaka literatur di peroleh dari buku-buku di perpustakaan dan beberapa jurnal yang seseuai dengan tema makalah yang penulis buat. Pada awalnya penulis mengindentifikasi permasalahan pembelajaran IPS melalui pengamatan bahan ajar dan wawancara, serta menganalisis secara lengkap hasil tersebut secara deskriptif. Hasil Pembahasan menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki beraneka macam fungsi diantaranya fungsi bahan ajar menurut pihak yang memanfaatkan bahan ajar yang terdiri dari dua fungsi bahan ajar bagi pendidik, dan fungsi bahan ajar bagi peserta didik. Yang kedua fungsi bahan ajar menurut strategi yang digunakan yaitu fungsi bahan ajar pada pembelajaran klasikal dan fungsi bahan ajar pada pembelajaran kelompok. Pentingnya bahan ajar bagi peserta didik dan bagi guru, bagi guru bahan ajar dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan bagi peserta didik dapat belajar secara mandiri maupun Individu. Pengembangan bahan ajar IPS berbasis literasi Geografi juga memiliki banyak manfaat tidak hanya terhadap hasil belajar peserta didik tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan ruang peserta didik
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK CERITA BERSAMBUNG Agung Wisnu Aji
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis Cerita pendek pada pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IX MTs Negeri Bobotsari melalui teknik cerita bersambung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik tes dan non tes. Teknis tes digunakan untuk mendapat skor kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek pada silus I dan siklus 2. Teknik non tes berupa pengamatan. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Setiap siklus mempunyai 4 (empat) langkah. Langkah-langkah tersebut adalah: planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif komparatif. Teknik deskriptif komparatif ini dengan membandingkan proses pembelajaran pada kondisi awal dengan pembelajaran pada siklus 1 dan proses pembelajaran pada siklus 2. Berdasarkan kategori rendah, sedang, dan tinggi diperoleh data sebagai berikut. Pada kategori rendah terjadi penurunan 36,66%. Penurunan pada kategori rendah menunjukan bahwa siswa sudah banyak yang meraih kategori sedang maupun tinggi. Hal ini berarti siswa semakin mendapat nilai lebih tinggi dari sebelumnya. Pada kategori sedang pada kondisi awal sebanyak 7 anak (23,33%) sedangkan pada siklus 1 menjadi 16 anak (53,33%). Pada kategori sedang terjadi peningkatan 30%. Kategori tinggi yang semula pada kondisi awal tidak ada, pada siklus 1 menjadi 2 anak (6,66%) hal ini menunjukan adanya peningkatan pada kategori tinggi sebanyak 6,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik cerita bersambung dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX MTs Negeri Bobotsari.
MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN KARTU Agustiningtijas
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penugasan ketrampilan menulis Bahasa Inggris siswa sangat lemah. Ketrampilan ini dianggap sulit, karena kurangnya perhatian guru secara proposional terhadap pengajaran ketrampilan tersebut. Salah satu upaya untuk meningkatkan ketrampilan menulis paragraf sederhana adalah dengan menggunakan media permainan kartu dalam pembelajaran, karena dengan media ini siswa merasa senang dan menikmatinya sehingga secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa percaya diri untuk menggunakan ketrampilan itu dalam berkomunikasi secara tulis karena mereka merasa kosakatanya cukup, ucapannya benar dan tahu artinya sehingga mereka lebih berani dan tidak takut lagi untuk mengungkapkan idenya secara tulis. Ini terbukti dari kuisioner yang telah diberikan kepada siswa bahwa ketrampilan menulis paragraf sederhana mengalami peningkatan minat dan motivasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dari siklus I motivasi belajar 70,20% menjadi 94,08% pada siklus II. Sedangkan dalam hal memiliki minat untuk menulis paragraf meningkat dari 65% pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 89,16% pada siklus II.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CETAK MANUAL INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK Asmiati
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan media cetak berupa buku/lembar petunjuk manual (manual instruction) peralatan rumah tangga listrik untuk meningkatkan hasil belajar perawatan dan perbaikan peralatan rumah tangga listrik pada siswa kelas XI TITL SMK Negeri 2 Watampone. Penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Watampone semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Penggunaan bantuan media manual instruction meningkatkan keaktifan belajar Perawatan Dan Perbaikan Peralatan Rumah Tangga Listrik pada siswa kelas XI TITL SMK Negeri 2 Watampone yaitu aktifitas belajar siswa pada siklus I rata-rata 25.24 kriteria antusias meningkat menjadi 33.48 kriteria sangat antusias pada siklus II. Penggunaan media cetak manual instruction pada mata pelajaran Perawatan Dan Perbaikan Peralatan Rumah Tangga Listrik Siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 2 Watampone, yaitu nilai hasil tes evaluasi belajar pada siklus I rata-rata 78 kriteria tinggi menjadi 86 kriteria sangat tinggi pada siklus II. Hal ini berarti Ada hubungan positif antara keaktifan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan peralatan rumah tangga listrik melalui penggunaan media cetak manual instruction.
PEMBELAJARAN SMART CARD DI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X.8 MAN 1 KOTA SEMARANG Chomsatun
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengethaui keefektifan metode pembelajaran smart card di dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi HAM. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X.8 MAN 1 Kota Semarang. Adapun pembelajaran PPKn materi HAM dengan menerapkan kartu sebagai media pembelajaran yang disebut dengan Smart Card memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar dalam setiap siklus, yaitu sebelum tindakan (64.25%) ada 3 peserta didik yang sudah tuntas, Siklus I (71,87%) ada 16 peserta didik yang sudah tuntas, dan Siklus II (80.87%) ada 26 peserta didik yang sudah tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai 85 %. Berdasarkan temuan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan Pembelajaran dengan Smart Card dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran tentang HAM dan meningkatkan minat dan peran aktif peserta didik.

Page 1 of 19 | Total Record : 186