Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 11, No 2 (2024): Agustus

Investigasi Kompetensi Tpack Dosen Dan Realisasi Pembelajaran Tatap Muka Pasca Covid-19

Nurani, Desi (Unknown)
Thoyyibah, Luthfiyatun (Unknown)
Ratnawati, Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran pada abad 21 memerlukan keterampilan TPACK yang mumpuni pada guru saat proses pembelajaran dikarenakan tuntutan pada era globalisasi ini. Berbagai penelitian terdahulu telah banyak dilaksnakan pada konteks pendidikan di Indonesia seperti kebermanfaatan penggunaannya di kelas, tantangan yang harus dihadapi, dan pengembangan professional guru untuk peningkatan TPACK. Akan tetapi, penelitian tentang level pemahaman guru terhadap konsep TPACK dan realisasi pemahaman para guru dalam implementasi pembelajaran di kelas belum banyak dilakukan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pemahaman guru tentang konsep TPACK dan realisasi pemahaman yang diimplementasikan pada proses belajar mengajar di kelas tatap muka. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan melibatkan tiga guru yang sedang mengajar di program studi Pendiidkan Bahasa Inggris. Observasi kelas dan wawancara semi struktur juga dilakukan untuk mengumpulkana data penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis tematik untuk menggambarkan hasil data penelitian. Data menunjukkan bahwa pada dasarnya para guru memiliki pemahaman konsep TPACK yang bagus akan tetapi mereka tidak mengimplementasikan pemahaman yang mereka miliki karena fasilitas, persiapan pembelajaran dan inisiatif guru. Sebagai kesimpulan, TPACK merupakan kompetensi penting yang harus diimplementasikan pada proses belajar mengajar untuk meningkatkan keterampilan siswa 4C (Komunikasi, Kreatifitas, Berfikir Kritis dan Rasa Keingintahuan). Di samping itu, rekomendasi lebih rinci dan hambatan juga didiskusian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...