Revolusi industri 4.0 akan memberikan tuntutan unik pada dunia pendidikan, sehingga institusi perlu menawarkan jalan baru untuk literasi di bidang tersebut. Oleh karena itu, kepala sekolah harus mempunyai strategi kepemimpinan yang tepat untuk menyusun rencana secara terperinci mengenai aspek mutu dan kegiatan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu lulusan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan di era industri 4.0. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memberikan gambaran secara utuh mengenai segala aspek yang menjadi objek penelitian. Selanjutnya model analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif mulai dari reduksi data, menyajikan data, hingga menarik kesimpulan. Strategi kepemimpinan kepala sekolah SMKN 4 Tasikmalaya dalam peningkatan mutu lulusan adalah mengkombinasikan segala faktor internal dan eksternal sebagai sumber daya potensial yang menunjang pengembangan. Faktor internal yang diberdayakan meliputi guru, siswa, dan sarana prasarana penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal adalah kerjasama dengan industri melalui technopark untuk memberikan pengalaman belajar kepada siswa sesuai dengan kondisi dunia kerja yang nyata. Sesuai dengan keberhasilan yang telah dicapai saat ini, maka strategi kepemimpinan kepala sekolah yang diperlukan adalah peningkatan kompetensi bagi guru, tenaga kependidikan, dan siswa itu sendiri untuk meningkatkan mutu lulusannya. Kompetensi yang dimaksud berupa sertifikasi kompetensi yang diberikan oleh lembaga berlisensi terpilih seperti Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).
Copyrights © 2024