Didaktis: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2022): DIDAKTIS 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022

Efektivitas Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPA Di Sekolah Dasar

Azzahra, Eliza (Unknown)
Nurlaila Fajar, Novia (Unknown)
Rahmawati, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Saat ini mata pelajaran bahasa Sunda kurang diminati oleh siswa. Hal ini diduga karena cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran cenderung membosankan dan hanya menggunakan metode ceramah dalam mengajar sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan mata pelajaran bahasa Sunda. Faktor lain yang menyebabkan siswa tidak tertarik dengan mata pelajaran Sunda adalah tata bahasa Sunda memang sulit dipelajari, dimana bahasa daerah biasanya memiliki beberapa kata yang digunakan dalam situasi tertentu seperti bahasa lunak dan bahasa kasar (bahasa sehari-hari). Oleh karena itu, diperlukan metode baru untuk belajar bahasa Sunda agar lebih menarik bagi siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan media pembelajaran yang diharapkan dapat membuat siswa tertarik belajar bahasa Sunda. Media pembelajaran yang digunakan adalah permainan ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran bahasa Sunda yang diujikan pada siswa kelas 3 SDN Bojong Jengkol 01. Keefektifan media pembelajaran ini ditinjau dari aspek pemahaman pada siswa melalui dua aspek, yaitu aspek pre-test dan post-test. adalah melihat perkembangan peserta didik sebelum dan sesudah pelaksanaan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan dan mengamati keefektifan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaspendas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang merupakan seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Seminar ini merupakan wadah transfer pengetahuan dan pengalaman pada ...