Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan dari Independent Task dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di SMAN 1 Janapria tahun ajaran 2021/2022 atau tidak. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan tentang "apakah penggunaan Independent Task dapat meningkatkan kemampuan menjawab siswa kelas I di SMAN 1 Janapria tahun ajaran 2021/2022? Peneliti menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) melalui pendekatan qualitatif dan quantitatif. penelitian ini dilaksanakan dalam 4 tindakan: planning, acting, observing, dan reflecting. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari pretest dan posttest dengan standar kelulusan maksimal 80, peneliti melakukan observasi dengan menggunakan Independent Task untuk mengobservasi kegiatan pemahaman membaca siswa. Dan memberikan angket kepada siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap proses belajar dan mengajar dengan menggunakan Independent Task. Untuk menganalisa data, peneliti memberikan beberapa jenis tes dalam bentuk pilihan ganda, true/false, matching dan fill in the blank pada siswa untuk mengetahui nilai siswa, nilai rata-rata, dan persentase dari nilai siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan membaca siswa dapat diketahui melalui perbandingan skor rata-rata dari pretest dan posttest. Skor rata-rata pretest adalah 50,1 dengan presentase ketuntasan dalam belajar 8%, sedangkan skor rat-rata dari posttest adalah 80,3 dengan presentase ketuntasan dalam belajar 92%. Skor posttest siswa digunakan untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan Independent Task.
Copyrights © 2023