El-Hikam: Journal of Education and Religious Studies
Vol 16 No 1 (2023): EL-HIKAM: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keagamaan

PENERAPAN TEORI APOS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPI NURUL JADID ABDUL KARIM BANYURIP




Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Teori APOS terdiri dari empat tahapan, yaitu aksi, proses, objek dan skema. Hasil belajar matematika adalah suatu bentuk pemahaman dan penugasan siswa terhadap pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan hasil tes pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan sekaligus mendeteksi respon siswa terhadap penerapan teori APOS dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPI Nurul Jadid Abdul Karim Banyurip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 37,93% tuntas, 62,06% belum tuntas sehingga rata-rata perolehan hasil belajar siswa adalah 69,83% dan 79,31% tuntas, 20,68% belum tuntas sehingga perolehan rata-rata tes hasil belajar siswa adalah 75,43%. Dalam penelitian juga ditemukan bahwa siswa memberikan respon yang cukup baik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan teori APOS, di mana pada siklus I mencapai 69,67% dan siklus II 70,04%. Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa teori APOS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan dua siklus dan empat tahap pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, tes individual dan kegiatan penutup.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elhikam

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

El-Hikam journal contains articles results of research and analytical or critical studies in education and religion studies, in order to endeavor the development, exploration, and explanation of knowledge before the audience of educated people of Indonesia and the World. Those who are interested can ...