Jurnal IPA Terpadu
Vol 7, No 3 (2023)

IMPLEMENTASI E-LKPD BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII

Maulidia, Annisa (Unknown)
Rusli, Muhammad Aqil (Unknown)
Ramlawati, Ramlawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) tingkat hasil belajar IPA dari peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Barru sebelum implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual (2) tingkat hasil belajar IPA peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Barru setelah implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual (3) kategori peningkatan dari hasil belajar IPA kelas VIII SMPN 1 Barru. (4) ada tidaknya peningkatan yang signifikan setelah implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual (5) ada tidaknya kesamaan peningkatan yang signifikan setelah implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan desain single group pre-test and post-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik target sampling dan diperoleh 70 peserta didik dari tiga kelas VIII2, VIII3 dan VIII4. Kesimpulan penelitian sebagai berikut 1) hasil rata-rata skor hasil belajar IPA kelas VIII SMPN 1 Barru sebelum diimplementasikan E-LKPD berbantuan laboratoirum virtual yaitu 6,29 pada kategori sedang 2) hasil rata-rata skor hasil belajar setelah diimplementasikan E-LKPD berbatuan laboratoirum virtual peserta didik kelas VIII SMPN 1 Barru sebesar 10,50 dengan Kategori Cukup, 3) kategori dari peningkatan hasil Belajar pada kategori peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Barru mengalami peningkatan skor sebesar 0,30 pada kategori sedang, 4) terdapat peningkatan yang signifikan setelah implementasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual peserta didik IPA pada thitung= 13,93 > ttabel= 1,99, 5) terdapat kesamaan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA peserta didik setelah impelmentasi E-LKPD berbantuan laboratorium virtual dengan Fhitung<ftabel= 0,88 < 3,13.

Copyrights © 2023